Sertifikasi Iso 14001

Sertifikasi Iso 14001, Perlindungan dan keberlanjutan lingkungan tidak lagi hanya menjadi topik komunikasi bagi perusahaan, tetapi juga faktor bernilai tambah. Kepatuhan yang konsisten terhadap pedoman perlindungan lingkungan menciptakan keunggulan kompetitif yang nyata. Pada saat yang sama, perusahaan memenuhi tanggung jawab ekologisnya. Standar ISO 14001 yang diakui secara internasional mendefinisikan persyaratan untuk sistem manajemen lingkungan semacam itu.

Sertifikasi Iso 14001

ISO 14001 adalah standar yang diakui secara global untuk sistem manajemen lingkungan (SML) yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1996. Persyaratan standar bertujuan untuk memastikan bahwa perusahaan secara berkelanjutan mempromosikan perlindungan lingkungan operasional mereka, menetapkan target mereka sendiri untuk penerapannya dan mengurangi dampak negatif operasi bisnis mereka terhadap lingkungan – termasuk penilaian siklus hidup produk dan layanan mereka.

Biaya Sertifikasi Iso 14001

  • Tahap ke-1 sebesar 50% dari total biaya sebesar Rp 40.000.000,- dibayarkan di awal .
  • Tahap ke-2 sebesar 40% dari total biaya sebesar Rp 32.000.000,- dibayarkan setelah selesai dokumen dan pendampingan untuk siap audit
  • Tahap ke-3 sebesar 10% dari total biaya sebesar Rp 8.000.000,- dibayarkan setelah selesai audit dan perbaikan temuan hasil audit Sertifikasi.

Catatan: Biaya di atas hanyalah estimasi atau perkiraan. Setiap konsultan dan lembaga ISO mempunyai penentuan tarif yang berbeda disesuaikan dengan banyaknya jumlah karyawan, akreditasi, dan lain sebagainya.

Tujuan Sertifikasi Iso 14001

ISO 14001: 2015 membantu organisasi mencapai hasil yang diharapkan dari Sistem Manajemen Lingkungan yang memberikan nilai bagi lingkungan dan organisasi itu sendiri serta pihak yang berkepentingan. Tujuan yang diharapkan dari sistem manajemen lingkungan meliputi:

  • Peningkatan kinerja lingkungan;
  • Pemenuhan kewajiban kepatuhan;
  • Pencapaian tujuan lingkungan.

ISO 14001: 2015 Serupa dengan Sistem Manajemen Mutu terkait bagaimana sebuah produk diproduksi serta bagaimana sertifikasinya bisa dilakukan oleh pihak ketiga dan merupakan bagian integral dari Skema Manajemen dan Audit Lingkungan (Eco-Management and Audit Scheme) disingkat EMAS yang dikeluarkan oleh Lembaga Uni Eropa dimana struktur dan persyaratan material EMAS lebih menuntut terutama menyangkut tugas-tugas peningkatan, kepatuhan hukum dan pelaporan kinerja.

Manfaat Sertifikasi Iso 14001

  • Meningkatkan image perusahaan dan atau organisasi.
  • Mencegah protes dari pemerintah maupun komunitas sekitarnya.
  • Kesesuaian dengan peraturan.
  • Mengantisipasi hambatan dimasa depan.
  • Meningkatkan hubungan dengan pelanggan.
  • Mencegah waste dan emisi.
  • Meningkatkan produktivitas.
  • Menurunkan biaya untuk memeroses limbah.
  • Meminimalisi resiko keselamatan dan kesehatan kerja.
  • Komunikasi dan sistim dokumentasi yang lebih baik.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk Sertifikasi ISO 14001?

Semua tergantung dari kesiapan organiasi, dan proses yang sudah berjalan dalam organisasi pun menentukan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan sertifikat ISO 14001. Meskipun begitu, Konsultan ISO 14001 dapat menyelesaikan tugasnya rata rata dalam waktu 3 s/d 4 bulan saja.

Perusahaan atau organisasi berhak mencantumkan label “ISO 14001: 2015 Certified” atau “ISO 14001: 2015 Registered” setelah diaudit dan disertifikasi oleh lembaga standarisasi internasional sebagai perusahaan yang memenuhi syarat-syarat dalam ISO 14001: 2015.

TSA Certification adalah pemberi Jasa Konsultan ISO dengan perspektif baru, menciptakan penerapan standar internasional yang mempertemukan antara kebutuhan dengan persyaratan yang relevan dengan standar internasional melalui konsultasi dengan berfokus pada proses sertifikasi ISO terakreditasi internasional merupakan suatu nilai tambah bagi organisasi yang bermanfaat secara strategis dalam mencapai tujuan.

Jika Anda / Perusahaan anda membutuhkan konsultasi ISO dan sertifikasi ISO, maka jangan sungkan untuk menghubungi kami.