Biaya Sertifikasi ISO 20000-1:2018

Biaya Sertifikasi ISO 20000-1:2018, Perusahaan layanan IT (Information dan Technology) yang berkualitas tentunya mempunyai standar tersendiri untuk mengukur kualitas services mereka.

Karena bidang IT sendiri penerapannya begitu luas dan fleksibel, tentu akan lebih baik jika ada standar internasional yang bisa membantu setiap perusahaan untuk mempersiapkan hal ini. Oleh karenanya dibuatlah standardisasi ISO yang disebut sebagai ISO/IEC 20000.

Sertifikasi iso 20000 adalah standar untuk menunjukkan bahwa organisasi Anda mampu memberikan jaminan layanan berkualitas kepada pelanggan dan pemangku kepentingan. Salah satu alasan untuk membuat Sertifikasi Sistem Manajemen Layanan IT tidak umum adalah, proses sertifikasi iso 20000 adalah proses yang menuntut dan membutuhkan banyak sumber daya.

Tetapi begitu Anda mencapai sertifikasi, organisasi Anda akan sangat dikenal di pasar global. Sertifikasi ini mendukung siklus hidup layanan termasuk perencanaan, desain, transisi, pengiriman dan peningkatan layanan yang memenuhi persyaratan yang disepakati dan memberikan nilai bagi, pengguna, dan organisasi yang memberikan layanan.

promo sertifikasi iso 20000-1

Manfaat ISO 20000-1

Menerapkan dan mengoperasikan Sistem Manajemen Layanan (SMS) akan memberikan kejelasan berkelanjutan, mengontrol semua layanan Anda, dan perbaikan berkelanjutan dalam proses, sehingga menghasilkan kualitas, efektivitas, dan efisiensi terbaik. Peningkatan manajemen layanan berlaku pada Service Management System (SMS) dan layanan yang diberikan oleh organisasi terkait.

Manfaat utama memiliki Biaya Sertifikasi ISO 20000-1:2018 adalah sebagai berikut:

  • Memberi Anda keunggulan kompetitif di Pasar : ISO 20000-1:2018 meningkatkan kredibilitas dan reputasi perusahaan Anda di pasar global. Standar internasional Manajemen Layanan Teknologi Informasi ini akan mengubah organisasi dengan mematuhi kriteria ISO. Ini meningkatkan proses dan menciptakan lingkungan yang kompetitif.
  • Kepatuhan terhadap kriteria standar ISO : Standar ISO 20000-1:2018 memberikan kerangka kerja untuk kriteria penilaian yang jelas untuk sistem teknologi informasi. Ini bertujuan untuk memberikan bisnis yang tepat sesuai kebutuhan pelanggan. Sertifikasi ISO 20000-1:2018 memungkinkan organisasi untuk menerapkan dan mengelola sistem manajemen TI yang efektif dan efisien.
  • Memastikan kepuasan pelanggan : Menetapkan Sertifikasi ISO/IEC 20000-1 memudahkan pengendalian dan pengelolaan proses pemberian layanan TI. Semua area kontrol diperiksa dan diuji dan sistem manajemen masalah sudah diterapkan. Ini memastikan sistem terdokumentasi dengan baik, memastikan peningkatan kepuasan pelanggan.
  • Mencapai peningkatan produktivitas bisnis : Sertifikasi ISO/IEC 20000-1 memastikan bahwa tim Layanan TI dilengkapi sepenuhnya dengan proses kontrol, prosedur operasi, pemecahan masalah, transparansi, dan akuntabilitas di lingkungan kerja. Menetapkan Sertifikasi manajemen layanan ISO 20000-1 di organisasi Anda adalah praktik terbaik untuk meningkatkan produktivitas karyawan.

Prinsip Biaya Sertifikasi ISO 20000-1:2018

  • Fokus pelanggan – Sertifikasi ISO 9001 bertujuan untuk meningkatkan demi kebaikan pihak yang berkepentingan dan pelanggan, ini akan membantu seseorang mempertahankan pelanggan, meningkatkan basis pelanggan, memastikan untuk mengomunikasikan kebutuhan dan harapan mereka dengan memantau seluruh organisasi.
  • Kepemimpinan – untuk mencapai sasaran mutu, para pemimpin perlu menetapkan kesatuan tujuan yaitu dengan menyelaraskan strategi, kebijakan, prosedur, dan sumber daya. Hal ini akan menghasilkan koordinasi yang lebih baik dalam proses-proses organisasi. Kita perlu membangun budaya kepercayaan dan integritas, memberikan sumber daya manusia sumber daya yang dibutuhkan, pelatihan, wewenang untuk bertindak dengan akuntabilitas.
  • Keterlibatan orang – untuk efisiensi, libatkan orang-orang di semua tingkatan, hal ini dapat dilakukan dengan mengomunikasikan kebutuhan mereka dalam organisasi kepada karyawan, berbagi pengetahuan dan pengalaman, mengakui kontribusi orang, pembelajaran, dan peningkatan.
  • Pendekatan proses – ketika aktivitas dipahami dan kemudian dieksekusi maka efisiensi output yang disampaikan akan meningkat, dengan memahami kemampuan organisasi dan menentukan batasan sumber daya sebelum mengambil tindakan.
  • Perbaikan- perbaikan penting bagi suatu organisasi untuk mempertahankan tingkat kinerja saat ini bahkan untuk terus berkembang, hal ini dapat dilakukan dengan memberikan pelatihan yang tepat dan membiarkan mereka memahami bagaimana suatu pekerjaan terjadi dengan jalur tersebut, peninjauan dan audit, perencanaan, implementasi, kenali dan akui, yang akan menghasilkan antisipasi risiko dan peluang internal dan eksternal, peningkatan kinerja proses.
  • Pengambilan keputusan berdasarkan bukti – belajar dari kesalahan, hanya saja keputusan harus didorong dari evaluasi data, ini akan membantu seseorang mengambil solusi yang lebih efisien dan menambahkan lebih banyak lagi, intuisi tidak boleh diabaikan.
  • Manajemen hubungan – mengelola hubungan dengan pihak berkepentingan yang relevan seperti penyedia, dapat dicapai dengan menjaga rantai pasokan yang dikelola dengan baik yang menyediakan aliran produk dan layanan yang stabil, menentukan hubungan pihak berkepentingan yang perlu dikelola.

Kapan ISO 20000-1:2018 Diterbitkan?

Versi revisi sertifikasi ISO 20000 adalah Sertifikasi ISO/IEC 20000-1 dan diterbitkan pada 30 September 2018. ISO 20000-1:2018 berfokus pada penyediaan persyaratan proses untuk mengelola Sistem Manajemen Layanan (SMS) di organisasi Anda. Tim ahli kami dapat mensertifikasi Anda dengan standar untuk mengelola Layanan Anda yang dioperasikan di organisasi Anda.

Latar Belakang ISO 20000-1:2018

Latar belakang dibuatnya standar ISO 20000-1:2018 berasal dari kebutuhan yang meningkat untuk memastikan bahwa penyedia layanan TI dapat mengelola dan memberikan layanan yang berkualitas kepada pelanggan mereka. Beberapa faktor yang mempengaruhi pembuatan standar ini antara lain:

  • Pertumbuhan pentingnya layanan TI: Dalam era digital, layanan TI menjadi semakin penting bagi organisasi di berbagai sektor. Ada kebutuhan yang meningkat untuk memastikan bahwa layanan TI dikelola dengan baik, konsisten, dan memenuhi harapan pelanggan.
  • Kompleksitas lingkungan TI: Lingkungan TI yang semakin kompleks, dengan berbagai sistem, jaringan, dan infrastruktur yang terhubung, menimbulkan tantangan dalam pengelolaan layanan TI secara efektif. Standar ISO 20000-1:2018 memberikan kerangka kerja yang terstruktur untuk membantu organisasi mengatasi kompleksitas ini.
  • Konsistensi dan interoperabilitas: Dalam banyak kasus, organisasi bekerja dengan beberapa penyedia layanan TI yang berbeda. ISO 20000-1:2018 menyediakan panduan dan persyaratan yang konsisten bagi penyedia layanan TI, sehingga memudahkan interoperabilitas dan integrasi antara berbagai layanan.
  • Standarisasi internasional: Dalam dunia yang terhubung secara global, standar internasional menjadi semakin penting. ISO 20000-1:2018 memberikan standar yang diterima secara internasional untuk manajemen layanan TI, sehingga memungkinkan organisasi di berbagai negara untuk beroperasi dengan kerangka kerja yang serupa.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, International Organization for Standardization (ISO) mengembangkan standar ISO 20000-1:2018 untuk membantu organisasi memenuhi persyaratan kualitas tertentu dalam manajemen layanan TI dan meningkatkan kualitas layanan yang mereka berikan kepada pelanggan.