Sertifikasi ISO 9001

Biaya Sertifikat ISO 9001 Cianjur

Estimasi Biaya Sertifikat ISO 9001 Cianjur

Biaya sertifikat ISO 9001 Cianjur mulai dari 20-50 juta rupiah penentuan tarif yang berbeda disesuaikan dengan banyaknya jumlah karyawan, akreditasi, dan lain sebagainya. ISO 9001 merupakan standar bertaraf internasional di bidang sistem manajemen mutu. Jika suatu perusahaan/organisasi telah mendapatkan sertifikasi tersebut, dapat dikatakan perusahaan tersebut telah sesuai dan memenuhi persyaratan internasional dalam hal sistem manajemen mutu.

Catatan: Biaya di atas hanyalah estimasi atau perkiraan. Setiap konsultan dan lembaga ISO mempunyai penentuan tarif yang berbeda disesuaikan dengan banyaknya jumlah karyawan, akreditasi, dan lain sebagainya.

Biaya sertifikasi ISO 9001 merupakan standar internasional yang dijadikan patokan perusahaan dalam menjaga konsistensi produk. Maksudnya adalah menjaga kualitas produk yang ada sesuai kelayakan konsumen, dengan indikasi kepuasan dan loyalitas pelanggan. Kedua poin tersebut sangat penting untuk meningkatkan efisiensi dari proses produksi, entah dari segi waktu maupun bahan baku. Adanya ISO, mendukung hal tersebut, jadi pengertian ISO 9001 lebih ke pedoman yang dapat digunakan perusahaan dalam melakukan aktivitas atau operasional.

Sesuai dengan standar ISO 9001 memiliki banyak manfaat bagi industri manufaktur. ISO 9001 membantu menginspirasi perusahaan untuk menemukan cara yang lebih efektif untuk secara permanen menyelesaikan masalah kualitas dan masalah terkait biaya lainnya sembari mendorong bisnis untuk menemukan cara kreatif untuk melampaui persyaratan yang ditentukan pelanggan. Standar ini membantu bisnis mengidentifikasi, mendokumentasikan, dan meningkatkan sistem yang memenuhi kebutuhan pelanggan tertulis dan “tersirat” seperti:

  • Standar keamanan
  • Manufaktur ramah lingkungan
  • Efisiensi produksi yang diharapkan
  • Spesifikasi dimensi dan fungsional

ISO adalah badan internasional dan sebagai hasilnya, standar itu membantu memastikan bahwa produk yang diproduksi di berbagai perusahaan dan / atau negara mengelola bisnis mereka dengan cara yang mempromosikan kolaborasi. Ini meningkatkan perdagangan nasional dan internasional, sekaligus mengurangi biaya untuk semua pihak. Karena standar ISO mengharuskan perbaikan terus-menerus, bisnis terdaftar ISO 9001 cenderung mengurangi kesalahan keseluruhan yang, pada gilirannya menghilangkan pemborosan. Perusahaan yang menganut standar ISO jenis ini sebagai bagian dari budaya mereka umumnya menikmati kepuasan pelanggan yang lebih tinggi, lebih sedikit kesalahan, mengurangi biaya, dan keunggulan kompetitif.

Manfaat Sertifikasi ISO 9001

  • Meningkatkan kepercayaan pelanggan.
  • Jaminan kualitas produk dan proses.
  • Meningkatkan produktivitas perusahaan & market gain.
  • Meningkatkan motivasi, moral & kinerja karyawan.
  • Sebagai alat analisa kompetitor perusahaan.
  • Meningkatkan hubungan saling menguntungkan dengan pemasok.
  • Meningkatkan cost efficiency & keamanan produk.
  • Meningkatkan komunikasi internal.
  • Meningkatkan image positif perusahaan.
  • Sistem terdokumentasi.
  • Media untuk pelatihan dan pendidikan.

Fungsi ISO untuk Perusahaan

  • Meningkatkan citra perusahaan.
  • Meningkatkan kinerja lingkungan perusahaan.
  • Meningkatkan efisiensi kegiatan.
  • Memperbaiki manajemen organisasi dengan menerapkan perencanaan, pelaksanaan, pengukuran dan tindakan perbaikan (plan, do, check, act).
  • Meningkatkan penataan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan dalam hal pengelolaan lingkungan.
  • Mengurangi risiko usaha.
  • Meningkatkan daya saing.
  • Meningkatkan komunikasi internal dan hubungan baik dengan berbagai pihak yang berkepentingan.
  • Mendapat kepercayaan dari konsumen/mitra kerja/pemodal.

Tujuan dan Pentingnya ISO

Saat ini pengelolaam bisnis dilakukan dengan berbagai macam cara agar mendapatkan keuntungan dan bisa bersaing dengan baik. Bagi perusahaan yang akan bersaing secara global harus memiliki standar ISO agar dapat kualitas produk yang dihasilkan lebih terpercaya. Mengingat hal ini, ISO sangat penting digunakan dan memiliki tujuan yang baik dalam pengelolaan bisnis. Untuk mengetahui tujuan dan pentingnya ISO lebih jauh, simak informasi berikut ini.

1. Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan

Menggunakan ISO dapat meningkatkan kredibilitas perusahaan, hal ini penting terutama jika Anda ingin bersaing pada market global. Calon konsumen atau konsumen pada bisnis Anda memiliki tingkat kepercayaan brand yang lebih tinggi jika produk atau layanan yang mereka gunakan sudah sesuai standar yang berlaku.

2. Mengoptimalkan Kinerja Karyawan

Sebuah perusahaan yang telah memiliki visi misi dan peraturan yang bermutu sesuai standar dapat membuat isi perusahaan menjadi optimal dan efisien. Karyawan yang bekerja pada perusahaan tersebut akan meningkatkan kualitas dirinya agar sesuai dengan standar perusahaan yang telah ditetapkan.

3. Meningkatkan Good Will Perusahaan

Good will dalam bisnis adalah citra yang baik sehingga perusahaan akan dipandang oleh perusahaan mana saja. Menggunakan sertifikat ISO yang telah didapatkan perusahaan akan membuat nilai perusahaan tersebut menjadi lebih positif. Dengan cara ini akan membawa keuntungan bagi perusahaan sehingga banyak mitra usaha yang akan mengajak kerja sama.

4. Mencegah Pemborosan

Ketika perusahaan yang sedang berjalan memiliki masalah dalam sebuah produk ataupun layanannya, tentunya Anda harus memiliki langkah antisipasi. Dengan memiliki ISO tentu akan memudahkan Anda mengetahui sebuah masalah dan juga menemukan solusi. Menggunakan sebuah “standar” adalah antisipasi atau cara untuk mencegah masalah pada produk maupun pelayanan yang diberikan pada konsumen.

Proses Penerapan ISO 9001 Bagi Perusahaan

  1. Melakukan Gap Analysis
  2. Melakukan Pelatihan dan Persiapan untuk Implementasi ISO
  3. Mengupayakan Pengembangan Sistem Perusahaan
  4. Implementasi Sistem Pada Perusahaan Sesuai dengan Persyaratan ISO
  5. Proses Audit Internal dan Tinjauan Manajemen
  6. Audit Eksternal Oleh Badan Sertifikasi

Setelah berhasil melewati proses audit dan memenuhi persyaratan dari auditor, perusahaan/organisasi berhak mendapatkan sertifikat ISO.