Sertifikat ISO 27001

ISO 27001 merupakan suatu manajemen keamanan informasi sekumpulan proses yang diimplementasikan oleh perusahaan dalam mengelola teknik pemilihan serta penerapan langkah-langkah keamanan informasi. Meskipun terdapat kemungkinan adanya langkah-langkah keamanan cerdas yang perlu diterapkan bagi setiap orang, contohnya seperti perlindungan malware, ataupun manajemen patch, tetap saja tidak semua perangkat lunak dan sistem yang kami gunakan sama.

Sertifikat ISO 27001

Harga Jasa Sertifikat Iso 27001

Jasa Sertifikat Iso 27001 Tahap 1 & 2: Rp.75jt hingga Rp.350jt (Tergantung Auditor). Ada dua tahap utama dalam proses sertifikasi audit.

Tahap 1 adalah audit dokumentasi,
tahap 2 adalah audit sertifikasi.

Biaya untuk mendapatkan auditor untuk tahap-tahap ini berkisar antara Rp.75jt hingga Rp.350jt untuk perusahaan rintisan.

Catatan: Biaya di atas hanyalah estimasi atau perkiraan. Setiap konsultan dan lembaga ISO mempunyai penentuan tarif yang berbeda disesuaikan dengan banyaknya jumlah karyawan, akreditasi, dan lain sebagainya.

Langkah Untuk Mendapatkan Sertifikat ISO Adalah

Setelah menyerahkan dokumen, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan perusahaan untuk Jasa Sertifikat Iso.

Pertama

Perlu mengidentifikasi proses bisnisnya sendiri untuk mengelola organisasi.

Kedua

Perlu menerapkan prosedur manajemen dan memantau efektivitasnya.

Ketiga

Perusahaan perlu mengidentifikasi semua kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya untuk perbaikan di masa depan.

Keempat

Perusahaan perlu menghubungi lembaga audit eksternal untuk pendaftaran Jasa Sertifikat Iso. Jika perusahaan dapat menyelesaikan semua langkah ini, maka perusahaan dapat dikategorikan sebagai tersertifikasi ISOdan mendapatkan sertifikasi ISO.

Selain itu, ada beberapa level dokumen yang diserahkan ke sertifikasi ISO. Biasa disebut sebagai hierarki dokumen ISO, hierarki ini digunakan untuk mendokumentasikan fungsi semua dokumen yang dikirimkan secara efektif. Hirarki terdiri dari lima tingkatan, antara lain:

  • policy level (mengidentifikasi kebijakan keseluruhan perusahaan)
  • manual level (mendokumentasikan ruang lingkup tujuan perusahaan)
  • procedure level (mengidentifikasi ruang lingkup dan tanggung jawab operasional perusahaan)
  • product and process instructions level (memberikan instruksi untuk keseimbangan kinerja perusahaan)
  • records and forms level (mendokumentasikan hasil operasional perusahaan)

Apa itu Standar Sertifikat ISO 27001?

Standar iso 27001 merupakan salah satu standar yang bertujuan dalam menggambarkan sistem manajemen keamanan informasi. Standar ini mencakup banyak aspek sistem manajemen keamanan informasi, misalnya. Manajemen risiko, audit, tata kelola, keamanan siber, dan sebagainya.

Penerapan iso 27001 meliputi perencanaan produksi untuk pabrik besar yang merupakan data penting tentang kapasitas mesin, stok material, dan pesanan pelanggan, dan lain-lain dalam suatu perusahaan. Sehingga dapat digambarkan pada awal tahun 1900-an, sebagian besar orang masih bekerja menggunakan otot (membajak sawah, menanam padi), saat ini sebagian besar orang yang bekerja di sektor formal tidak menggunakan komputer yang terhubung dengan jaringan komputer.

Dengan kata lain, saat ini “informasi adalah aset organisasi”. Ancaman informasi menjadi suatu keuntungan karena dapat meningkatkan hubungan antar manusia melalui berbagai macam perangkat. Ancaman bisa datang dari tidak disengaja (email yang salah, sidik jari tertinggal yang berisi informasi rahasia pada printer bersama, dll) atau disengaja (pihak yang berniat mencuri informasi).

Masalahnya adalah, saat kita semakin terhubung satu sama lain, kebocoran informasi di satu tempat dapat langsung menyebar ke seluruh dunia. Sehingga risiko terhadap informasi terkini menjadi begitu tinggi. Sementara itu, ada berapa banyak informasi yang kami proses dan simpan hingga saat ini.

Seperti yang kita ketahui bersama, “pendekatan manajemen” telah menjadi “langkah ampuh” dalam mengelola berbagai aspek mulai dari revolusi industri hingga saat ini. Sejak ratusan tahun lalu, dengan improvisasi teknologi, “pendekatan manajemen” dapat mengelola ratusan ribu pekerja di sebuah pabrik sehingga dihasilkan produk yang berkualitas. Pendekatan inilah yang membentuk dasar sistem manajemen keamanan informasi iso 27001.

Manfaat Sertifikat ISO 27001?

Melindungi informasi perusahaan Anda memainkan peran yang sangat penting dalam keberhasilan manajemen dan kelancaran operasi perusahaan Anda. Pencapaian ISO 27001 akan mendukung perusahaan Anda dalam mengelola dan melindungi aset data dan informasi Anda yang berharga.

Memperoleh sertifikasi ISO 27001 dapat membawa banyak keuntungan bagi organisasi Anda, diantarnya adalah:

  • Membantu menjaga informasi rahasia tetap aman.
  • Meyakinkan klien dan pemangku kepentingan tentang bagaimana Anda mengelola risiko.
  • Memungkinkan pertukaran informasi yang aman.
  • Membantu Anda untuk mematuhi persyaratan hukum.
  • Membantu memberi Anda keunggulan kompetitif.
  • Mempromosikan kepuasan pelanggan yang meningkatkan retensi klien.
  • Membantu menjaga konsistensi dalam pengiriman produk atau layanan Anda.
  • Membantu mengelola dan meminimalkan paparan risiko.
  • Membantu membangun budaya keamanan.

Apa Saja Persyaratan untuk Mengikuti Sertifikasi ISO 27001?

Untuk apa sertifikasi ISO 27001? Sertifikasi ISO merupakan hal yang sangat penting dibutuhkan perusahaan saat ini. Tujuannya adalah untuk melindungi dan memelihara informasi data perusahaan. Saat ini, proses pertukaran informasi telah dilakukan di dunia maya. Nah, tentunya informasi perusahaan harus dijaga agar tidak dibobol atau dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Sertifikasi ISO harus melalui tahapan sebagai berikut:

Analisis Kesenjangan

Tujuan dari kegiatan ini adalah kita ingin mengetahui sejauh mana perusahaan telah mengimplementasikan apa yang sudah dan apa yang belum, sehingga dari situ kita bisa mengetahui apa gap yang ada dan dimana sehingga strategi improvement dapat dilakukan dengan tepat.

Tugas beresiko

Tujuan dari kegiatan ini adalah mengetahui risiko apa saja yang dapat mengancam aset terkait pengolahan informasi dan menentukan bagaimana mitigasi yang paling efektif dapat dilakukan untuk melindungi aset tersebut.

Persiapan Dokumen

Tujuan dari kegiatan ini adalah agar mitigasi risiko dapat didokumentasikan sehingga dapat dilaksanakan secara konsisten.

Penerapan

Kegiatan ini bertujuan untuk menerapkan dokumen yang sebelumnya telah dibuat dengan cara yang dapat mengatasi semua kesenjangan yang diidentifikasi pada tahap awal.

Audit internal

Tahap ini bertujuan agar dapat dilakukannya penilaian internal sehingga kita dapat melihat kemajuan dari implementasi yang telah dilakukan. Dari situ, kita dapat menentukan perbaikan-perbaikan selanjutnya yang perlu dilakukan.

Persiapan Audit Sertifikasi

Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan segala aspek penting dalam proses sertifikasi audit.

Audit Sertifikasi

Kegiatan ini bertujuan untuk menguji penerapan sistem manajemen komunikasi. Yaitu, dari sisi efektifitasnya maupun kesesuaian terhadap persyaratan ISO 27001.