Sertifikasi ISO 9001

Sertifikasi ISO 9001

ISO 9001:2015 adalah Sistem Manajemen Mutu, dimana Fokus Kepuasan pelanggan harus diutamakan. Di dalam ISO 9001 itu sendiri harus ada peningkatan atau continual improvement atau peningkatan yang berkesinambungan. Sertifikasi ISO 9001:2015 ini akan mengarahkan dan memberi kepahaman kepada peserta dalam menyiapkan dan menyusun dokumentasi yang teruji sebagai dasar penerapan dan evaluasi, serta strategi penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 bagi perusahaan yang berkomitmen menghasilkan produk dan layanan bermutu serta kinerja yang tinggi.

Biaya Sertifikasi ISO 9001

Estimasi Biaya Sertifikasi ISO 9001

Paket Sertifikasi Estimasi Biaya
Paket ISO Lengkap Rp18.000.000 – Rp35.000.000
Paket Training Awareness Sistem Manajemen Mutu Rp4.000.000
Paket Training Audit Internal Rp7.000.000
Paket Gap Analysis Rp1.500.000
Upgrade ISO 9001:2008 ke ISO 9001:2015 Rp15.000.000

Biaya sertifikasi ISO 9001 mencapai 18-35 juta rupiah, tetapi yang diperoleh juga banyak sekali dari harga tersebut. Sertifikasi ISO 9001 merupakan standar bertaraf internasional di bidang sistem manajemen mutu. Jika suatu perusahaan/organisasi telah mendapatkan sertifikasi tersebut, dapat dikatakan perusahaan tersebut telah sesuai dan memenuhi persyaratan internasional dalam hal sistem manajemen mutu.

Catatan: Biaya di atas hanyalah estimasi atau perkiraan. Setiap konsultan dan lembaga ISO mempunyai penentuan tarif yang berbeda disesuaikan dengan banyaknya jumlah karyawan, akreditasi, dan lain sebagainya.

Pengertian Sertifikasi ISO 9001

Apa itu ISO 9001? ISO 9001 merupakan standar internasional yang dijadikan patokan perusahaan dalam menjaga konsistensi produk. Maksudnya adalah menjaga kualitas produk yang ada sesuai kelayakan konsumen, dengan indikasi kepuasan dan loyalitas pelanggan. Kedua poin tersebut sangat penting untuk meningkatkan efisiensi dari proses produksi, entah dari segi waktu maupun bahan baku. Adanya ISO, mendukung hal tersebut, jadi pengertian ISO 9001 lebih ke pedoman yang dapat digunakan perusahaan dalam melakukan aktivitas atau operasional. ISO sendiri, tidak bermaksud mengekang dalam hal kreativitas perusahaan, hanya saja sebagai panduan agar dinilai lebih tepat. ISO 9001 merupakan bagian dari keluarga sistem standar manajemen mutu rancangan agar dapat memenuhi kebutuhan pelanggan serta stakeholder-nya.

Manfaat Sertifikasi ISO 9001

ISO 9001 merupakan hal yang penting dalam pertumbuhan maupun peningkatan kinerja dari organisasi maupun perusahaan dan terdapat banyak manfaat jika direalisasikan dengan penuh, diantaranya:

  • Jaminan kualitas terhadap mutu produk, dalam hal ini barang ataupun jasa, yang dihasilkan (output).
  • Bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan/mitra kerja dengan baik.
  • Membantu sistem manajemen terbakukan
  • Menjadikan bisnis proses atau aliran proses terkendali dan termonitoring
  • Bisa meningkatkan kinerja perusahaan atau organisasi
  • Bisa memenuhi persyaratan pelanggan terutama persyaratan tender
  • Memiliki alat ukur kinerja organisasi atau perusahaan
  • Manfaat ISO 9001 selanjutnya adalah, arah tujuan organisasi bisa terukur dan terarah
  • Bisa continual improvement (memperbaiki secara berkelanjutan) atau evaluasi diri.
  • Bisa melakukan branding perusahaan atau organisasi

Fungsi ISO untuk Perusahaan

  • Meningkatkan citra perusahaan.
  • Meningkatkan kinerja lingkungan perusahaan.
  • Meningkatkan efisiensi kegiatan.
  • Memperbaiki manajemen organisasi dengan menerapkan perencanaan, pelaksanaan, pengukuran dan tindakan perbaikan (plan, do, check, act).
  • Meningkatkan penataan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan dalam hal pengelolaan lingkungan.
  • Mengurangi risiko usaha.
  • Meningkatkan daya saing.
  • Meningkatkan komunikasi internal dan hubungan baik dengan berbagai pihak yang berkepentingan.
  • Mendapat kepercayaan dari konsumen/mitra kerja/pemodal.

Mengapa ISO 9001 Penting Bagi Organisasi Anda?

ISO 9001 menyediakan kerangka kerja untuk pengembangan sistem manajemen mutu yang efektif. Dengan menerapkan prinsip-prinsip ISO 9001, organisasi Anda dapat meningkatkan kontrol terhadap proses bisnis yang berlangsung. Dengan menekankan kepuasan pelanggan, standar ini mendorong organisasi Anda untuk memahami dan secara aktif terus berupaya memenuhi harapan pelanggan. Tidak hanya menciptakan hubungan yang lebih baik dengan pelanggan tetapi penerapan standar ini juga dapat meningkatkan reputasi organisasi. Hal tersebut juga memberikan implikasi kompetitif yang lebih unggul terhadap organisasi Anda. Melalui kualitas terjamin dan komitmen untuk terus meningkatkan pelayanan, organisasi Anda dapat memperoleh kesempatan lebih luas untuk bersaing pada pasar nasional maupun internasional. Selain itu, ISO 9001 mempromosikan budaya perbaikan berkelanjutan di dalam organisasi. Dengan mendorong organisasi untuk terus-menerus mengevaluasi dan meningkatkan kinerja mereka, standar ini membantu menciptakan siklus pembelajaran yang berkelanjutan. Secara keseluruhan, ISO 9001 bukan hanya tentang memenuhi persyaratan standar kualitas, melainkan tentang membentuk organisasi yang lebih efisien, responsif terhadap pelanggan, dan mampu beradaptasi dengan perubahan. Hal ini kemudian akan menciptakan fondasi yang kuat untuk pertumbuhan dan keberlanjutan jangka panjang.

Prinsip ISO 9001

Prinsip dari ISO 9001 adalah lebih ke:

Fokus Pelanggan

Prinsip pertama ini, lebih ke memberikan kebutuhan-kebutuhan melebihi harapan dari konsumen, yang mana bertujuan untuk mencapai kepuasan pelanggan.

Kepemimpinan

Prinsip kedua lebih ke kepemimpinan, yang mana setiap pimpinan di perusahaan memiliki tanggung jawab akan target yang ditentukan oleh perusahaan. Salah satu cara mencapai itu, dengan melakukan pemberdayaan yang baik.

Keterlibatan Orang Lain

Hal ini lebih ke treatment kepada pelanggan dengan cara didukung oleh orang yang ahli. Maksudnya adalah semua tingkatan dalam perusahaan diberdayakan untuk mencapai hal tersebut (dilibatkan).

Prinsip Manajemen ISO 9001

  1. Fokus pelanggan. Fokus utama dari prinsip ini adalah pemenuhan kebutuhan konsumen agar terus melebihi ekspektasinya.
  2. Pemimpin harus bersatu untuk mencapai tujuan yang sama dengan merancang suatu kondisi yang dapat dinikmati oleh berbagai personil yang terlibat dalam kualitas organisasi yang bersangkutan.
  3. Engagement of people.Kompetensi, kekuatan, serta hubungan tiap personil dalam suatu organisasi sangatlah penting dalam membangun suatu deliver value.
  4. Pendekatan proses. Konsistensi dan hasil yang dapat diprediksi dapat dicapai dengan lebih efektif dan efisien ketika aktivitas dipahami dan dijalankan sesuai dengan sistem yang koheren.
  5. Organisasi yang baik harus terfokus pada perbaikan.
  6. Pembuatan keputusan berdasarkan bukti. Keputusan didapatkan berdasarkan hasil analisis dan evaluasi data dan informasi yang memungkinkan untuk menghasilkan hasil yang diinginkan.
  7. Manajemen hubungan. Keuntungan dengan manajemen ini adalah peningkatan kinerja organisasi serta pemahaman terhadap tujuan dan nilai terhadap pihak yang bekerja sama.