Biaya Sertifikasi ISO 27001

Biaya Sertifikasi ISO 27001

Biaya sertifikasi ISO 27001 merupakan suatu manajemen keamanan informasi sekumpulan proses yang diimplementasikan oleh perusahaan dalam mengelola teknik pemilihan serta penerapan langkah-langkah keamanan informasi. Meskipun terdapat kemungkinan adanya langkah-langkah keamanan cerdas yang perlu diterapkan bagi setiap orang, contohnya seperti perlindungan malware, ataupun manajemen patch, tetap saja tidak semua perangkat lunak dan sistem yang kami gunakan sama.

Pengertian Biaya Sertifikasi ISO 27001

ISO 27001 adalah standar Internasional untuk sistem manajemen kemanan informasi atau lebih sering disebut dengan Information Security Management Systems (ISMS). Sejak semua organisasi atau perusahaan menerapkan sistem yang berbeda, ISMS selalu disesuaikan untuk menangani kebutuhan keamanan tertentu.

ISMS adalah pendekatan sistematis untuk mengelola informasi sensitif perusahaan, sehingga tetap aman. Ini termasuk informasi orang, proses dan sistem teknologi dan informasi dengan menerapkan proses manajemen risiko.

Biaya Sertifikasi ISO 27001

Biaya Sertifikat Iso 27001 Tahap 1 & 2: Rp.75jt hingga Rp.350jt (Tergantung Auditor). Ada dua tahap utama dalam proses sertifikasi audit.

Tahap 1 adalah audit dokumentasi,
tahap 2 adalah audit sertifikasi.

Biaya untuk mendapatkan auditor untuk tahap-tahap ini berkisar antara Rp.75jt hingga Rp.350jt untuk perusahaan rintisan.

Catatan: Biaya di atas hanyalah estimasi atau perkiraan. Setiap konsultan dan lembaga ISO mempunyai penentuan tarif yang berbeda disesuaikan dengan banyaknya jumlah karyawan, akreditasi, dan lain sebagainya.

Langkah Untuk Mendapatkan Sertifikat ISO Adalah

Setelah menyerahkan dokumen, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan perusahaan untuk Jasa Sertifikat Iso.

Pertama

Perlu mengidentifikasi proses bisnisnya sendiri untuk mengelola organisasi.

Kedua

Perlu menerapkan prosedur manajemen dan memantau efektivitasnya.

Ketiga

Perusahaan perlu mengidentifikasi semua kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya untuk perbaikan di masa depan.

Keempat

Perusahaan perlu menghubungi lembaga audit eksternal untuk pendaftaran Jasa Sertifikat Iso. Jika perusahaan dapat menyelesaikan semua langkah ini, maka perusahaan dapat dikategorikan sebagai tersertifikasi ISOdan mendapatkan sertifikasi ISO.

Selain itu, ada beberapa level dokumen yang diserahkan ke sertifikasi ISO. Biasa disebut sebagai hierarki dokumen ISO, hierarki ini digunakan untuk mendokumentasikan fungsi semua dokumen yang dikirimkan secara efektif. Hirarki terdiri dari lima tingkatan, antara lain:

  • policy level (mengidentifikasi kebijakan keseluruhan perusahaan)
  • manual level (mendokumentasikan ruang lingkup tujuan perusahaan)
  • procedure level (mengidentifikasi ruang lingkup dan tanggung jawab operasional perusahaan)
  • product and process instructions level (memberikan instruksi untuk keseimbangan kinerja perusahaan)
  • records and forms level (mendokumentasikan hasil operasional perusahaan)

Manfaat Biaya Sertifikasi ISO 27001

Menerapkan standar ISO 27001 akan membantu organisasi atau perusahaan Anda dalam mengelola keamanan aset seperti informasi keuangan, kekayaan intelektual, rincian karyawan atau informasi yang dipercayakan kepada Anda oleh pihak ketiga. Hal ini dapat membantu usaha kecil, menengah dan besar di sektor apapun menjaga aset informasi aman.

Secara umum, ISO 27001 memilki manfaat antara lain:

  • Melindungi segala informasi yang dimiliki oleh karyawan dan konsumen atau klien baik itu digital, hardcopy atau Cloud
  • Mengantisipasi cyber attack
  • Mengelola risiko keamanan sistem informasi secara tepat dan efektif
  • Meminimalisir anggaran keamanan informasi karena Anda hanya menerapkan kontrol keamanan yang dibutuhkan saja tetapi hasilnya maksimal
  • Lebih patuh dalam kerja karena ada standar yang sudah ditetapkan
  • Meningkatkan branding dan kredibilitas perusahaan
  • Membantu menarik customer baru dan mempertahankan klien yang ada

Tujuan Dari ISO 27001

Tujuan ISO 27001 tidak lain adalah perlindungan informasi. Mengapa informasi sangat penting untuk dilindungi? Karena saat ini adalah era informasi, dimana hampir semua aktivitas di dunia dikendalikan melalui pengolahan dan pertukaran informasi. Sebanyak 99,9% pembayaran untuk transaksi besar dilakukan melalui pemrosesan informasi atau dicuri oleh perusahaan atau orang yang tidak bertanggung jawab.

Bagaimana Proses untuk Mendapatkan Sertifikasi ISO 27001

Perusahaan awalnya mengadopsi persyaratan standar ISO 27001 dan menetapkan dokumentasi tentang bagaimana standar ini dipraktikkan, dipantau, dan terus ditingkatkan. Setelah persyaratan standar diterapkan, Anda dapat meneruskan aplikasi Anda untuk mengesahkan perusahaan Anda.

Untuk mensertifikasi perusahaan dengan standar ISO, akan ada dua tahap audit.

  1. Tahap 1 Audit: Kesiapan Audit (Verifikasi catatan, dokumen, dll.)
  2. Tahap 2 Audit: Verifikasi sistem yang efektif

Perusahaan yang mengajukan sertifikasi ISO harus diaudit berdasarkan sampel acak dari lokasi, layanan, fungsi, produk & proses mereka. Akhirnya, auditor kami mencatat penyimpangan kepada manajemen. Menurut tingkat penyimpangannya, dengan menerapkan dokumen-dokumen yang sebelumnya telah dikompilasi, Anda  dapat mencapai banyak manfaat dalam hubungan antarmanusia setelah menutup ketidaksesuaian/ketidaksesuaian secara efektif. Dengan menerapkan dokumen-dokumen yang sebelumnya telah dikompilasi, Anda  dapat mencapai banyak manfaat dalam hubungan antarmanusia setelah menutup ketidaksesuaian/ketidaksesuaian secara efektif. Sertifikat telah diterbitkan yang membatasi ruang lingkup yang akan diaudit.