Sertifikat ISO 45001

Biaya Jasa Sertifikat Iso 45001

ISO 45001 adalah salah satu jenis ISO yang membahas tentang suatu sistem manajemen perusahaan tentang manajemen Kesehatan dan keselamatan kerja (SMK3). Standar ISO ini mengandung panduan teknis dan persyaratan penggunaan. ISO 45001 adalah Sertifikat standar kelas dunia internasional untuk keselamatan dan Kesehatan kerja atau disebut K3.

ISO 45001 ini memberikan suatu standar kerangka kerja demi tujuan meningkatkan keselamatan dan menguruangi resiko kecelakaan kerja serta meningkatkan keseahatan di tempat kerja. Dengan adanya ISO 45001 ini di harapkan Organisasi atau Perusahaan dapat proaktif meningkatkan Asas K3.

Biaya Jasa Sertifikat Iso 45001

Biaya Sertifikasi ISO 45001:2018 sebesar Rp. 80.000.000,- (Delapan Puluh Juta Rupiah). Biaya sertifikasi ISO 45001 tergantung pada sejumlah faktor. Misalnya, apakah perusahaan Anda sudah memiliki sistem manajemen ISO bersertifikat memainkan peranan penting. Selain itu, ukuran perusahaan Anda serta kompleksitas sistem kesehatan dan keselamatan akan berdampak pada biaya. Tahapan pembayaran biaya jasa pendampingan adalah sebagai berikut :

Tahap ke-1 sebesar 50% dari total biaya sebesar Rp 40.000.000,- dibayarkan di awal .
Tahap ke-2 sebesar 40% dari total biaya sebesar Rp 32.000.000,- dibayarkan setelah selesai dokumen dan pendampingan untuk siap audit
Tahap ke-3 sebesar 10% dari total biaya sebesar Rp 8.000.000,- dibayarkan setelah selesai audit dan perbaikan temuan hasil audit Sertifikasi.

Catatan: Biaya di atas hanyalah estimasi atau perkiraan. Setiap konsultan dan lembaga ISO mempunyai penentuan tarif yang berbeda disesuaikan dengan banyaknya jumlah karyawan, akreditasi, dan lain sebagainya.

Promo Biaya Konsultasi, Training & Sertifikasi ISO 45001 Terbatas

Kami Berkomitmen Memberikan Pengalaman Sertifikasi yg Transparan & Mudah Dipahami

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk Sertifikasi ISO 45001?

Semua tergantung dari kesiapan organiasi, dan proses yang sudah berjalan dalam organisasi pun menentukan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan sertifikat ISO 45001. Meskipun begitu, Konsultan ISO 45001 dapat menyelesaikan tugasnya rata rata dalam waktu 3 s/d 4 bulan saja.

Perusahaan atau organisasi berhak mencantumkan label “ISO 45001: 2018 Certified” atau “ISO 45001: 2018 Registered” setelah diaudit dan disertifikasi oleh lembaga standarisasi internasional sebagai perusahaan yang memenuhi syarat-syarat dalam ISO 45001: 2018.

Manfaat ISO 45001

1. Meningkatkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Dengan menerapkan ISO 45001, perusahaan dapat menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman dan sehat bagi karyawan.
Sistem manajemen keselamatan kerja yang terstruktur dan terdokumentasi membantu mengidentifikasi dan mengurangi risiko kecelakaan, cedera, dan penyakit akibat kerja.
Hal ini dapat mengurangi absensi, meningkatkan kehadiran karyawan, serta mengurangi biaya pengobatan dan klaim asuransi.

2. Pengurangan Risiko dan Kecelakaan

Dengan adopsi ISO 45001, perusahaan dapat melakukan identifikasi risiko yang potensial dan mengambil tindakan pencegahan yang tepat.
Melalui pendekatan sistematis dalam mengelola risiko, perusahaan dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan atau insiden kerja yang dapat mengganggu produktivitas dan citra perusahaan.

3. Peningkatan Produktivitas

Dengan kondisi kerja yang aman dan sehat, karyawan cenderung lebih fokus, bersemangat, dan produktif dalam menjalankan tugas mereka.
Penerapan ISO 45001 mendorong pengelolaan yang lebih efisien dan efektif terhadap faktor-faktor yang dapat mempengaruhi produktivitas, seperti pengaturan tempat kerja, pelatihan karyawan, dan komunikasi yang baik.
Dalam jangka panjang, ini dapat menghasilkan peningkatan kinerja operasional dan keunggulan kompetitif.

4. Pemenuhan Persyaratan Hukum

ISO 45001 membantu perusahaan mematuhi persyaratan hukum dan peraturan yang berkaitan dengan keselamatan dan kesehatan kerja.
Dengan memiliki sistem manajemen yang sesuai, perusahaan dapat menghindari sanksi hukum dan denda, serta menjaga reputasi baik di mata pemerintah, klien, dan masyarakat.

5. Meningkatkan Reputasi dan Kepercayaan

Penerapan ISO 45001 mencerminkan komitmen perusahaan terhadap keselamatan kerja yang tinggi dan peduli terhadap karyawan. 
Ini dapat meningkatkan citra perusahaan, memperkuat kepercayaan dari pihak-pihak terkait, termasuk karyawan, pelanggan, mitra bisnis, dan masyarakat umum.
Keberhasilan dalam menjalankan sistem manajemen keselamatan kerja juga dapat menjadi daya tarik bagi bakal karyawan yang mencari lingkungan kerja yang aman dan bertanggung jawab.
Dengan memahami manfaat penerapan ISO 45001 terhadap kinerja perusahaan, penting bagi organisasi untuk mempertimbangkan investasi dalam sistem manajemen keselamatan kerja yang komprehensif dan memprioritaskan keselamatan serta kesejahteraan karyawan sebagai bagian integral dari operasional bisnis mereka.

Promo Biaya Konsultasi, Training & Sertifikasi ISO 45001 Terbatas

Kami Berkomitmen Memberikan Pengalaman Sertifikasi yg Transparan & Mudah Dipahami

Tujuan ISO 45001

Tujuan utama jasa pendampingan ini adalah membantu perusahaan dalam merancang, mengimplementasikan, dan memelihara sistem manajemen keselamatan kerja yang sesuai dengan persyaratan ISO 45001:2018.

Dengan menggunakan jasa pendampingan yang berkualitas, perusahaan Anda dapat memastikan bahwa persyaratan ISO 45001 dipenuhi dengan benar dan proses sertifikasi berjalan dengan lancar.

Persyaratan Pengurusan ISO 45001

  1. Legalitas Perusahaan
  2. Akta dan SK Kemenkumhan Perusahaan
  3. Nomor Induk Berusaha (NIB) OSS
  4. Izin Usaha (SIUP, IUI, Dll)
  5. KTP dan NPWP Pemohon
  6. Kop Surat Perusahaan dan Company Profile

Tujuan Mempunyai ISO 45001

Tidak jauh berbeda dengan Sertifikasi ISO 14001 Perusahaan diharapkan dapat memenuhi kriteria tujuan sebagai berikut :

  • Memenuhi kelengkapan Persyaratan Tender untuk pemerintah maupun swasta
  • Memenuhi kriteria SMK3 dan kebutuhan validasi perusahaan yang sudah menganut sistem manajemen keselamatan dan Kesehatan kerja
  • Membangun brand awernes atau image perusahaan di mata publik, pemerintah, maupun investor. Karena dianggap perusahaan yang sudah terstandarisasi dan menganut standar manajemen K3