Apa Itu ISO 27001

Apa Itu ISO 27001, ISO 27001  merupakan suatu manajemen keamanan informasi sekumpulan proses yang diimplementasikan oleh perusahaan dalam mengelola teknik pemilihan serta penerapan langkah-langkah keamanan informasi. Meskipun terdapat kemungkinan adanya langkah-langkah keamanan cerdas yang perlu diterapkan bagi setiap orang, contohnya seperti perlindungan malware, ataupun manajemen patch, tetap saja tidak semua perangkat lunak dan sistem yang kami gunakan sama.

Apa Itu ISO 27001

Apa Itu ISO 27001

Apa Itu ISO 27001 adalah standar Internasional untuk sistem manajemen kemanan informasi atau lebih sering disebut dengan Information Security Management Systems (ISMS). Sejak semua organisasi atau perusahaan menerapkan sistem yang berbeda, ISMS selalu disesuaikan untuk menangani kebutuhan keamanan tertentu.

ISMS adalah pendekatan sistematis untuk mengelola informasi sensitif perusahaan, sehingga tetap aman. Ini termasuk informasi orang, proses dan sistem teknologi dan informasi dengan menerapkan proses manajemen risiko.

Manfaat Apa Itu ISO 27001

Menerapkan Apa Itu ISO 27001 akan membantu organisasi atau perusahaan Anda dalam mengelola keamanan aset seperti informasi keuangan, kekayaan intelektual, rincian karyawan atau informasi yang dipercayakan kepada Anda oleh pihak ketiga. Hal ini dapat membantu usaha kecil, menengah dan besar di sektor apapun menjaga aset informasi aman.

Secara umum, Apa Itu ISO 27001 memilki manfaat antara lain:

  • Melindungi segala informasi yang dimiliki oleh karyawan dan konsumen atau klien baik itu digital, hardcopy atau Cloud
  • Mengantisipasi cyber attack
  • Mengelola risiko keamanan sistem informasi secara tepat dan efektif
  • Meminimalisir anggaran keamanan informasi karena Anda hanya menerapkan kontrol keamanan yang dibutuhkan saja tetapi hasilnya maksimal
  • Lebih patuh dalam kerja karena ada standar yang sudah ditetapkan
  • Meningkatkan branding dan kredibilitas perusahaan
  • Membantu menarik customer baru dan mempertahankan klien yang ada

Tujuan Dari ISO 27001

Tujuan ISO 27001 tidak lain adalah perlindungan informasi. Mengapa informasi sangat penting untuk dilindungi? Karena saat ini adalah era informasi, dimana hampir semua aktivitas di dunia dikendalikan melalui pengolahan dan pertukaran informasi. Sebanyak 99,9% pembayaran untuk transaksi besar dilakukan melalui pemrosesan informasi atau dicuri oleh perusahaan atau orang yang tidak bertanggung jawab.

ISO 27001 Cocok Untuk Siapa?

Standar ISMS ISO 27001 berlaku di seluruh dunia. Ini memberi perusahaan dari semua ukuran dan industri dengan kerangka kerja untuk perencanaan, penerapan, dan pemantauan keamanan informasi mereka. Persyaratan ini berlaku dan berlaku untuk perusahaan swasta dan publik serta organisasi nirlaba.

Di Jerman, misalnya, perusahaan yang termasuk dalam Sektor Infrastruktur Kritis/Critical Infrastructure Sector (KRITIS) dan melebihi ambang batas harus memberikan bukti bagaimana mereka memastikan keamanan informasi mereka. Sektor KRITIS meliputi energi, air, kesehatan, keuangan dan asuransi, makanan, transportasi dan lalu lintas, teknologi informasi dan telekomunikasi. Bukti implementasi yang sesuai dapat diberikan melalui audit keamanan, pengujian atau sertifikasi. Untuk tujuan ini, standar yang diakui seperti Apa Itu ISO 27001 atau, sebagai alternatif, standar keamanan khusus industri yang diakui oleh Kantor Federal Jerman untuk Keamanan Informasi (BSI) dapat digunakan sebagai dasar untuk mengaudit.

Apa Yang Membuat Standar ISO 27001 Berguna Bagi Perusahaan Saya?

Pengenalan SMKI menurut ISO/IEC 27001 adalah keputusan strategis untuk perusahaan Anda. Pemenuhan persyaratan umum standar yang sengaja harus mencerminkan situasi spesifik perusahaan. Implementasi di perusahaan Anda tergantung pada kebutuhan dan tujuan, persyaratan keamanan dan proses organisasi, serta ukuran dan struktur perusahaan.

Lampiran A ISO 27001, yang akan digunakan sehubungan dengan bagian 6.1.3 berdasarkan analisis risiko khusus perusahaan, sangat berharga dalam praktiknya. Kontrol keamanan informasi yang tercantum dalam Lampiran A secara langsung berasal dari dan diselaraskan dengan langkah-langkah yang tercantum dalam ISO 27002 saat ini, Bagian 5 hingga 8.

Sebelumnya, Lampiran A ISO / IEC 27001: 2013 mencakup total 114 kontrol untuk mengatasi risiko keamanan informasi, dibagi lagi menjadi 14 bagian dan 35 tujuan kontrol. Dalam ISO / IEC 27001: 2022-10 yang baru, Lampiran A sekarang berisi 93 kontrol pada aspek keamanan yang relevan, yang dikelompokkan ke 4 area topik.

Penyelarasan proses perusahaan yang konsisten dengan Apa Itu ISO 27001 telah terbukti menghasilkan sejumlah manfaat:

  1. Peningkatan berkelanjutan dari tingkat keamanan
  2. Pengurangan risiko yang ada
  3. Kepatuhan terhadap persyaratan
  4. Kesadaran yang lebih besar di antara karyawan
  5. Meningkatkan kepuasan pelanggan
  6. Audit internal dan tinjauan manajemen dengan partisipasi manajemen puncak adalah pengungkit internal untuk mencapai hal ini.

Aspek positif lainnya adalah bahwa pihak yang berkepentingan seperti otoritas pengawas, perusahaan asuransi, bank, perusahaan mitra membangun tingkat kepercayaan yang lebih tinggi terhadap perusahaan Anda. Ini karena sistem manajemen bersertifikat memberi sinyal bahwa organisasi Anda menangani risiko dengan cara yang terstruktur dan menganut continuous improvement (CIP), sehingga lebih tahan terhadap pengaruh yang tidak diinginkan.

Standar internasional ISO/IEC 27001 juga dapat diterapkan, dioperasikan, dan disertifikasi secara independen dari sistem manajemen lain seperti ISO 9001 (manajemen mutu) atau ISO 14001 (manajemen lingkungan).

Bagaimana Proses untuk Mendapatkan Sertifikasi ISO 27001

Perusahaan awalnya mengadopsi persyaratan Apa Itu ISO 27001 dan menetapkan dokumentasi tentang bagaimana standar ini dipraktikkan, dipantau, dan terus ditingkatkan. Setelah persyaratan standar diterapkan, Anda dapat meneruskan aplikasi Anda untuk mengesahkan perusahaan Anda.

Untuk mensertifikasi perusahaan dengan standar ISO, akan ada dua tahap audit.

  1. Tahap 1 Audit: Kesiapan Audit (Verifikasi catatan, dokumen, dll.)
  2. Tahap 2 Audit: Verifikasi sistem yang efektif

Perusahaan yang mengajukan sertifikasi ISO harus diaudit berdasarkan sampel acak dari lokasi, layanan, fungsi, produk & proses mereka. Akhirnya, auditor kami mencatat penyimpangan kepada manajemen. Menurut tingkat penyimpangannya, dengan menerapkan dokumen-dokumen yang sebelumnya telah dikompilasi, Anda  dapat mencapai banyak manfaat dalam hubungan antarmanusia setelah menutup ketidaksesuaian/ketidaksesuaian secara efektif. Dengan menerapkan dokumen-dokumen yang sebelumnya telah dikompilasi, Anda  dapat mencapai banyak manfaat dalam hubungan antarmanusia setelah menutup ketidaksesuaian/ketidaksesuaian secara efektif. Sertifikat telah diterbitkan yang membatasi ruang lingkup yang akan diaudit.