Pelatihan Iso 17025

Pelatihan Iso 17025

Pelatihan Iso 17025 | Seperti yang kita tahu bahwa kepuasan pelanggan menjadi salah satu tujuan utama semua perusahaan yang bergerak dibidang pelayanan jasa maupun produk. Untuk mendapatkan kepuasan pelanggan ini tentu saja setiap perusahaan harus membangun kepercayaan yang bisa didapat dengan memperhatikan kulitas mutu perusahaan. Misalnya saja sebuah laboratorium yang harus memiliki sertifikasi ISO 17025 agar bisa mendapatkan kepercayaan para pelangganya.
Salah satu sistem manajemen mutu ISO yang dikenal adalah Sistem Manajemen Mutu ISO 17025. ISO/IEC 17025 merupakan perpaduan antara persyaratan manajemen dan persyaratan teknis yang harus dipenuhi oleh laboratorium pengujian dan laboratorium kalibrasi. Penerapan standar ISO/IEC 17025 pada umumnya dihubungkan dengan proses akreditasi yang dilakukan oleh laboratorium untuk berbagai kepentingan.

Biaya Pelatihan ISO 17025

Pelatihan ISO 17025 Murah, Berpengalaman Sertifikasi ISO. Proses Pelatihan Simple Namun Aplikatif Bergaransi Dengan Biaya Ekonomis. Berdasarkan PP No. 40 Tahun 2018, berikut ini adalah tarif yang dapat dijadikan sebagai referensi dalam mempersiapkan anggaran untuk memperoleh pengakuan sebagai lab terakreditasi:
  • Biaya pendaftaran untuk akreditasi awal atau akreditasi ulang atau penambahan ruang lingkup akreditasi adalah Rp. 5.000.000 per skema dan per permohonan.
  • Biaya Assessor untuk kegiatan asesmen awal atau asesmen ulang atau asesmen tidak terjadwal adalah Rp. 3.500.000 per orang per hari.
  • Biaya Assessor untuk kegiatan surveilen adalah Rp. 3.500.000 per orang per hari
  • Biaya Assessor penyaksian kompetensi (witness) adalah Rp. 3.500.000 per orang per hari
  • Biaya iuran tahunan (setiap tahun) dan biasanya ditagihkan bersamaan dengan kagiatan asesmen atau surveilen atau setiap akhir tahun apabila tidak ada kegiatan asesmen dan surveilen adalah sebesar Rp. 1.500.000 per tahun.
Catatan: Biaya di atas hanyalah estimasi atau perkiraan. Setiap konsultan dan lembaga ISO mempunyai penentuan tarif yang berbeda disesuaikan dengan banyaknya jumlah karyawan, akreditasi, dan lain sebagainya.

Pengertian ISO 17025

ISO 17025 adalah sebuah standar akreditasi untuk penilaian kompetensi sebuah laboratorium pengujian dan kalibrasi yang bertaraf internasional. Sederhananya, ISO 17025 ini merupakan suatu sistem manajemen yang dijadikan panduan oleh laboratorium untuk mendapatkan standar akreditasi yang ditetapkan sehingga menunjukkan kualitas serta mutu laboratorium tersebut. Selain ISO 17025, terdapat sertifikasi ISO lain yang juga sering digunakan untuk melakukan penilaian akreditasi laboratorium, seperti ISO 9001, ISO 14001, ISO 45001, dan lain sebagainya. Melihat pengertian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kepemilikan sertifikasi ISO 17025 merupakan hal yang sangat penting bagi setiap laboratorium. Karena hal ini juga berkaitan dengan aspek kepercayaan serta kepuasaan pelanggan.

Manfaat penerapan Pelatihan ISO 17025

Membahas mengenai manfaat tentunya terdapat banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh sebuah laboratorium yang memiliki sertifikasi ISO 17025 ini. beberapa manfaat penerapan pelatihan ISO 17025 adalah sebagai berikut.
  • Sebagai tolak ukur apakah sebuah laboratorium sudah melakukan pekerjaan sesuai dengan prosedur serta sistem manajemen yang benar.
  • Penerapan ISO 17025 dapat menjadi sebuah standar yang mumpuni bagi pekerjaan laborat yang bisa juga menurunkan kemungkinan terjadinya kecelakaan kerja.
  • Kepemilikan sertifikasi ISO 17025 juga berguna sebagai standar kompetensi para pekerja laboratorium, sehingga mereka akan dituntut untuk memiliki komitmen yang tinggi dalam memenuhi kebutuhan pelanggan.
  • Penerapan ISO 17025 juga bisa membantu perbaikan sistem manajemen yang berlaku di sebuah laboratorium secara berkelanjutan.

Kelebihan dan Kekurangan ISO 17025

  1. Kelebihan ISO 17025

    ISO 17025 menawarkan banyak keuntungan yang layak dipertimbangkan. Pertama, sertifikasi ini meningkatkan kredibilitas dan reputasi laboratorium di mata pelanggan dan pihak regulasi. Hasil pengujian dan kalibrasi yang terakreditasi akan lebih dipercayai dan dapat digunakan sebagai bukti keandalan produk atau layanan. Selain itu, laboratorium yang sudah bersertifikasi ISO 17025 memiliki sistem manajemen mutu yang ketat. Proses pengujian dan kalibrasi dijalankan dengan standar yang tinggi, mengurangi risiko kesalahan dan memastikan keakuratan hasil. Adanya keseragaman dalam metode pengujian dan kalibrasi antara laboratorium yang terakreditasi juga memudahkan perbandingan hasil antar laboratorium dan memberikan keuntungan bagi pelanggan yang memerlukan layanan dari berbagai laboratorium.
  2. Kekurangan ISO 17025

    Meskipun ISO 17025 menawarkan banyak manfaat, ada juga beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Pertama, proses untuk mendapatkan sertifikasi bisa memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Selama proses persiapan dan evaluasi, laboratorium harus memastikan bahwa semua persyaratan terpenuhi dengan sempurna, dan hal ini bisa menuntut sumber daya yang signifikan. Selain itu, biaya untuk mempertahankan sertifikasi juga perlu dipertimbangkan. Laboratorium harus terus menjaga dan meningkatkan sistem manajemen mutu agar tetap sesuai dengan standar ISO 17025. Ini bisa menimbulkan beban tambahan, terutama bagi laboratorium dengan anggaran terbatas. Terakhir, tidak semua jenis laboratorium memerlukan sertifikasi ISO 17025. Jika laboratorium Anda tidak terlibat dalam pengujian atau kalibrasi, biaya untuk mendapatkan sertifikasi ini mungkin tidak sebanding dengan manfaat yang diperoleh.

Kesimpulan

Sebelum Anda memesan pelatihan ISO 17025, ada beberapa tips dan trik spesial yang perlu Anda pertimbangkan. Pertama, selalu lakukan riset mendalam tentang badan akreditasi yang akan mengaudit laboratorium Anda. Pastikan mereka memiliki reputasi yang baik dan diakui secara internasional. Kedua, libatkan seluruh tim dalam persiapan. Melibatkan personel dari berbagai departemen akan membantu memastikan bahwa semua aspek yang diperlukan telah dipenuhi. Juga, berikan pelatihan dan pelatihan tambahan jika diperlukan untuk meningkatkan kompetensi tim. Terakhir, jangan melihat biaya sebagai penghalang utama. Memang, biaya bisa menjadi pertimbangan penting, tetapi manfaat jangka panjang dari sertifikasi ISO 17025 jauh lebih besar. Investasi dalam kualitas dan keandalan akan membuka pintu kesempatan baru di pasar yang kompetitif.